Pengikut

Cari

18 Januari 2011

CATATAN AKHIR TAHUN

Tahun 2010 baru saja berlalu, kemeriahan menyambut tahun baru 2011 masih terasa. Suka duka selama tahun 2010 telah terlewati, banyak suka tapi banyak juga duka yang harus mau tidak mau dijalani. Menghadapi kesuksesan dan kebahagiaan bukanlah hal yang sulit, tapi ketika kita harus menghadapi kegagalan, kepahitan yang terjadi di luar keinginan kita itu yang sulit.
Selama tahun 2010 aku mencatat beberapa hal yang terjadi di luar keinginanku. Tapi semua tetap harus di hadapi. Manusiawi jika aku merasa kecewa, sedih bahkan hampir putus asa. Tapi aku tidak boleh menyerah, kenyataan harus dihadapi .
Selama ini aku berusaha memperdalam ilmu sabar dan ilmu ikhlasku, ilmu yang terkesan sederhana tapi bermakna sangat tinggi dan luhur. Ilmu ini mengajarkan kepadaku bahwa apapun yang aku lakukan hanya semata-mata karena Allah, baik itu di keluarga, organisasi atau masyarakat....sama sekali bukan untuk memperoleh pujian atau kenaikan jabatan. Maka ketika apa yang kita lakukan dan kita yakini berjalan di koridor yang pas dan sesuai ternyata tidak memperoleh penghargaan yang sesuai tapi justru memperoleh cacian , makian karena kita difitnah dengan hal-hal yang sama sekali tidak pernah kita lakukan kita tetap sabar dan ikhlas. Aku berusaha mengolah ujian ini menjadi hikmah , ketika ujian kehidupan harus dilewati itu kuanggap sebagai cara Allah menunjukkan cintaNya kepadaku, keadaan sekecil apapun yang harus dilewati dan sama sekali tidak kita sukai Insya Allah akan menghapuskan dosa-dosa di masa lalu itu janji Allah kepada hambaNya. Dan jika aku berhasil melewatinya Insya Allah...Tuhan akan menaikkan derajatku di hadapan Nya.
Aku sangat menyadari kekuranganku sebagai manusia biasa aku jauh dari sempurna. Nabi Muhammad SAW sebagai manusia paling sempurna di muka bumi ini saja ada yang memusuhi, bahkan ada yang mau membunuh beliau dan melemparinya dengan kotoran. Apa lagi diriku yang tidak ada sekukunya Nabi Muhammad SAW. Aku tidak bisa memaksakan setiap orang harus setuju dan suka padaku.
Dalam buku yang aku baca Nabi Muhammad sangat bersedih ketika tujuan baik berdakwah justru dibalas dengan cacian, makian dan fitnahan. Untuk menghibur Nabi Muhammad maka Allah menurunkan Firman Nya :
Surat An Nalh, Ayat 126....
“ Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang yang sabar. “
Surat An Nalh, ayat 127...
“ Bersabarlah ( hai Muhammad ) dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan.”
Al Quran memang luar biasa memberikan jawaban bagi setiap pertanyaaan, memberikan ketenangan bagi jiwa-jiwa yang cemas dan gelisah. Ayat ini membuatku menjadi tenang ketika harus menghadapi ujian dalam hidup . Segala persoalan aku kembalikan kepada Nya biarlah Allah SWT yang menyelesaikan masalahku. Allah tidak pernah tidur, Dia akan menjagaku, cepat atau lambat Dia akan menunjukkan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah, yang hitam akan tetap hitam dan yang putih akan tetap putih. Aku tidak pernah takut jika aku yakin apa yang aku lakukan selama ini semata-mata karena Allah bukan untuk mendapatkan sanjungan dan pujian.
Saat ini aku berusaha untuk menguatkan hati dan menyatukan niat hanya kepada Allah untuk menggapai kesabaran karena kesabaran tidak kan pernah sia-sia.
Selamat tinggal 2010....selamat datang 2011 semoga aku menjadi manusia yang lebih baik lagi dan bermanfaat bagi banyak orang....Amin.

0 komentar:

Posting Komentar